Beranda > KAJIAN STUDI ISLAM, Ushul Fiqih > Definisi Ushul Fiqh

Definisi Ushul Fiqh

Definisi Ushul Fiqih ditinjau dari 2 segi:

Pertama: Dari segi bahasa yang terdiri 2 kosa kata yaitu tinjauan kata “Ushul” dan kata “Fiqh”

Kata “Ushul” adalah bentuk jamak dari “Al-Ashl” yang berarti sesuatu yang ‫dibangun di atasnya sesuatu yang lain (asas) contohnya adalah ‘Asas tembok’ yaitu pondasinya dan ‘asas pohon’ adalah akarnya, tempat dimana cabang dan ranting-rantingnya tumbuh.Allah berfirman: “Tidakkah kamu perhatikan bagaimana Allah telah membuat perumpamaan kalimat yang baik seperti pohon yang baik, akarnya teguh dan cabangnya (menjulang) ke langit” [QS. Ibrahim: 24]

Dan kata “Fiqih”;

Secara bahasa berarti: paham, dalilnya adalah firman Allah: “dan lepaskanlah kekakuan dari lidahku.” (QS Thohaa: 27)

Sedangkan secara istilah Fiqih berarti:

“Pengetahuan akan hukum-hukum syar’i yang bersifat amaliyyah dari dalil-dalilnya yang terperinci.”

Penjelasan definisi:

“Pengetahuan”: bisa dengan ‫lmu atau dengan Zhon (dugaan kuat). Karena mengetahui hukum-hukum fiqih terkadang bersifat yakin dan terkadang bersifat Zhon (dugaan kuat), sebagaimana banyak terjadi dalam masalah-masalah fiqih.

Dan yang dimaksud: ”Hukum-hukum syar’i” adalah hukum-hukum yang diambil dari syari’at, seperti wajib dan haram, maka keluar darinya hukum-hukum akal; seperti pengetahuan bahwa Al Kull (Seluruh) lebih besar daripada Al Ba’dhu (sebagian) dan keluar juga hukum-hukum adat (kebiasaan); seperti mengetahui turunnya embun di malam yang dingin jika cuaca cerah.

Yang dimaksud dengan: “Yang bersifat Amaliah” adalah apa-apa ‫yang tidak berhubungan dengan keyakinan, seperti sholat dan zakat. Maka tidak termasuk ilmu fiqih apa-apa yang berhubungan dengan aqidah; seperti mentauhidkan Allah dan mengenal nama-nama dan sifat-sifat Nya.

Yang dimaksud dengan “Dalil-dalilnya yang terperinci” adalah dalil-dalil fiqh yang berhubungan dengan masalah-masalah fiqh yang terperinci, maka tidak termasuk di dalamnya ilmu Ushul Fiqih karena pembahasan di dalamnya hanyalah mengenai dalil-dalil fiqih yang Ijmaly (global).

Kedua: Makna Ushul Fiqih ditinjau dari keberadaannya sebagai nama dari suatu disiplin ilmu tertentu, maka Ushul definisi Ushul Fiqih adalah:

“Ilmu yang membahas dalil-dalil fiqih yang Ijmaly (global) dan cara mengambil faidah darinya serta keadaan orang yang mengambil faidah.”

Yang dimaksud dengan dalil-dalil fiqih yang Ijmaly (global)” kaidah-kaidah umum, seperti “Al Amru lil wujub” (perintah menunjukkan wajib), “An Nahyu Lit Tahriim” (larangan menunjukkan pengharaman), “Sah-nya suatu amal menunjukkan bahwa amal tersebut telah terlaksana (yakni, ia tidak dituntut untuk mengulangi, pent)”. Maka tidak termasuk dari dalil-dalil fiqih yang Ijmaly (global)” dalil-dalil yang terperinci. Dalil-dalil terperinci tersebut tidaklah disebutkan dalam ilmu Ushul Fiqih kecuali sebagai contoh (dalam penerapan) suatu kaidah.

Yang dimaksud “dan cara mengambil ‫faidah darinya” yaitu mengetahui bagaimana menggali suatu hukum dari dalil-dalilnya dengan mengkaji hukum-hukum dan maksud dari tiap lafadz seperti umum, khusus, muthlaq, muqoyyad, nasikh, mansukh, dan lain-lain. Maka dengan menguasai hal tersebut seseorang bisa mengambil kesimpulan (istinbath) hukum dari dalil-dalil fiqih.

Yang dimaksud “keadaan orang yang mengambil faidah”, yaitu mengetahui keadaan orang yang mengambil faidah dari ilmu ushul itu, yaitu para mujtahid. Dia dinamakan orang yang mengambil faidah,  karena memang dialah yang dengan sendirinya mampu mengambil faidah (mengistinbath) hukum dari dalil-dalilnya karena ia telah mencapai derajat mampu untuk berijtihad. Oleh karena itu mengenal para mujtahid, memahami syarat-syarat ijtihad, memahami hukumnya dan seterusnya dibahas dalam ilmu Ushul Fiqih.

Diterjemahkan dari kita Al Ushul Min Ilmil Ushul,  Syaikh Muhammad bin Saleh Al Utsaimin (Terbitan: Daar Ibnul Jauzy)

  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: