Beranda > KAJIAN STUDI ISLAM, Ulumul Qur'an > Tentang Qiraat Al Quran

Tentang Qiraat Al Quran

Qiraat artinya bacaan (jamaknya). menurut istilah Qiraat adalah salah satu mahzab atau aliran dalam hal pengucapan dan pembacaan Aquran yang dipilih oleh seorang imam qurra’ sebagai suatu mazhab yang berbeda dengan mazhab lainnya.

Secara sederhana Qiraat adalah sekumpulan cara baca Quran, irama baca, dsb dan itu semua ditetapkan berdasarkan sanad‐sanadnya sampai ke Rasulullah. Diantara sahabat yang terkenal mengajarkan qiraat ialah ; Ubai, Ali, Zaid bin Sabit, Ibn Mas’ud, Abu Musa al‐Asy’ari dll. Dari mereka itulah sebagian besar sahabat dan tabiin di berbagai negri belajar qiraat. Mereka itu semuannya bersandar kepada Rasulullah SAW.Sebetulnya Imam atau guru Qiraat itu jumlahnya, banyak hanya sekarang yang populer adalah tujuh orang. Qiraat tujuh orang imam ini adalah qiraat yang telah disepakati. sebagian ulama membagi qiraat menjadi enam macam :

1. mutawatir, yaitu qiraat yang dinukil oleh sejumlah besar periwayat yang tidak mungkin bersepakat untuk berdusta , dari sejumlah orang yang seperti itu dan sanadnya bersambung hingga penghabisannya, yakni Rasulullah Saw.

2. Masyhur, yaitu qiraat yang sahih sanadnya tetapi tidak mencapai derajat mutawatir, sesuai dengan kaidah bahasa arab dan rasam Ustmani serta terkenal pula dikalangan para ahli qiraat sehingga tidak dikategorikan qiraat yang salah atau syaz. qiraat macam ini dapat digunakan.

3. Ahad, yaitu qiraat yang sahih sanadnya tetapi menyalahi rasam Ustmani, menyalahi kaidah bahasa Arab, atau tidak terkenal. Qiraat macam ini tidak dapat diamalkan bacaanya.

4. Syaz, yaitu qiraat yang tidak sahih sanadnya.

5. Ma’udu, yaitu qiraat yang tidak ada asalnya.

6. Mudraj, yaitu yang ditambahkan ke dalam qiraat sebagai penafsiran (penafsiran yang disisipkan ke dalam ayat Quran) Keempat macam terakhir ini tidak boleh diamalkan bacaannya.

  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: